Rabu, 04 Juni 2014

EAI's Lecture - Second Part


http://www.taufiknuradi.com


Hello good people, i'm back to writing again\

Di tulisan kali ini saya akan melanjutkan pendapat pribadi saya mengenai dosen EAI yang mengajar di kelas saya. Jika di tulisan EAI's Lecture - First Part saya menulis pendapat dan saran saya kepada beliau, kali ini saya akan menulis pendapat pribadi saya terhadap beliau mengenai beberapa aspek, yaitu :

  • Keahlian. Pada aspek ini saya menilai bahwa Bapak memiliki kemampuan untuk menyampaikan materi secara jelas, karena menurut saya tidak semua dosen dapat menyampaikan ilmunya secara jelas. Selain itu, keahlian Bapak yang lain adalah "Ahli dalam membuat kejutan" yang tidak dapat kami tebak dan kami duga sebelumnya hehehe :p  .
  • Kemampuan berkomunikasi. Dalam proses belajar-mengajar, Bapak telah menyampaikan materi dengan bersifat tanya jawab kepada mahasiswa di akhir sesi pembelajaran. Itu artinya bisa dinilai apakah materi yang telah disampaikan benar-benar bisa dipahami oleh mahasiswa. Dan semua pertanyaan bisa dijelaskan dengan baik.
  • Manajemen waktu. Untuk aspek ini mungkin kami sekelas SI-35-03 sepaham bahwa Bapak merupakan salah satu dosen yang "PHP", dalam arti sering tidak masuk ke kelas dengan memberi kabar dadakan. Pernah suatu waktu, kami sudah berada di kelas, sedangkan pada kenyataannya Bapak tidak bisa masuk dikarenakan urusan yang tidak bisa ditinggalkan. Selain itu, pernah juga Bapak masuk lebih dari 30 menit setelah jam kuliah yang telah ditentukan, karena tidak ada kabar maka sebagian dari anggota kelas pulang karena mengira Bapak tidak bisa hadir, tetapi ternyata Bapak hadir. Namun, kami pun mengerti bahwa memang Bapak memiliki kesibukan dan jadwal yang padat, sehingga tidak dapat menyempatkan waktu untuk mengajar kami.
  • Kehadiran. Sudah dijelaskan di bagian manajemen waktu bahwa Bapak jarang masuk, terlebih lagi setelah Ujian Tengah Semester (UTS) hampir tidak pernah bertatap muka dengan Bapak. 
  • Persiapan materi. Untuk aspek persiapan materi ini menurut saya, Bapak sudah mempersiapkannya dengan sangat baik. Sehingga pada saat pelaksanaan belajar-mengajar di kelas, Bapak bisa menyampaikannya dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh mahasiswa. Selain itu, contoh-contoh yang disampaikan oleh Bapak sangat membantu dalam pemahaman kami tentang materi yang diberikan. 
  • Persiapan untuk diskusi kelas. Jika berhalangan hadir, Bapak selalu memberikan tugas kelompok yang harus dikerjakan dan harus dikumpulkan jam 10 pagi pada hari yang sama. Sehingga, meskipun beliau tidak dapat hadir, mahasiswa tetap berdiskusi tentang tugas. Persiapannya sudah baik dan juga metode yang diterapkan oleh Bapak sangat kreatif dan variatif. As what i said on my last post,
    "My EAI's Lecture have many surprises that he brings every meeting"
    . 
  • Hal lain penunjang perkuliahan. Bapak dosen EAI di kelas kami selalu menyampaikan materi dengan baik, namun alangkah baiknya untuk menunjang perkuliahan juga diadakan simulasi atau semacam praktek dari teori yang sudah dijelaskan. Sehingga bisa mempermudah pemahaman mahasiswa terhadap materi, dan juga mahasiswa tidak kaget dengan tugas besar yang diberikan.
  • Keseimbangan antara beban tugas dan waktu. Menurut saya pribadi, tugas besar yang diberikan lumayan rumit, sehingga waktu sebulan tidak cukup untuk menyelesaikannya. Ditambah lagi dengan tugas besar lain yang diberikan oleh dosen tiap mata kuliah. Akan lebih baik jika tugas besar disampaikan sebelum UTS, atau di minggu-minggu awal perkuliahan, sehingga mahasiswa sudah bisa menyicil dan mulai mencari tahu apa itu integrasi, bagaimana caranya, metode apa saja yang bisa dipakai, dan lain-lain. 
  • Cara penilaian. This is what's make him different from the other lecturer. Yaaa ! Dosen EAI saya mempunyai cara penilaian tersendiri terhadap mahasiswanya. Bapak tidak hanya menilai seberapa pintar anak tersebut di kelas, seberapa pandai mahasiswa menjawab pertanyaan spontannya, namun beliau juga memberikan nilai dengan surprise-surprise yang tak terduga. Contohnya, pada saat UTS berlangsung, Bapak masuk untuk mengecek kami dalam mengerjakan soal. Lalu, Beliau bertanya "ada yang punya spidol" ? Dan salah satu dari teman saya memberikan spidol kepada beliau, lalu beliau mengatakan "yang kasih pinjem spidol tadi nanti nilai UTSnya saya tambahin 10 point". What a surprising statement!  hahaha semua isi kelas langsung gaduh. Tapi begitulah cara-cara kreatif dan mengejutkan beliau dalam melakukan penilaian.
  • Kemampuan yang diperoleh dari EAI. Selama satu semester belajar EAI, kemampuan yang saya miliki yaitu mengetahui bagaimana cara integrasi terhadap dua buah komputer. Yang awalnya saya bertanya-tanya bagaimana bisa hal tersebut terjadi. Namun, setelah diberikan tugas besar saya pun mengerti apa saja yang diperlukan dalam melakukan integrasi. Selain itu, dari pelajaran EAI saya mengasah kemampuan untuk berpikir cepat dan tepat, karena Bapak selalu memberikan pertanyaan kejutan yang harus dijelaskan di depan kelas.
  • Kehadiran saya dan rekan-rekan. Untuk kehadiran, di awal-awal mata kuliah semua anak-anak kelas SI-35-03 yang mengambil mata kuliah EAI rajin untuk datang ke kelas. Selain karena semester baru, juga dosen yang mengajar itu asik dan tidak membosankan. Namun lambat laun satu-persatu gugur karena alasan utama yang sangat berat adalah kuliah hari Rabu jam 06.30 AM. Untuk sebagian mahasiswa di kelas saya, ini merupakan salah satu tantangan terberat selama kuliah di Telkom University ini hahaha -_- (including me sometimes). Nah, ada sebagian temen saya yang sudah tobat setelah UTS, namun pada kenyataannya berbalik. Giliran dosennya yang jarang sekali masuk -_- hmmmm. Tapi yang jelas kami sangat excited diajar oleh Bapak :)).

That's all my last post for EAI's Lecture and EAI's Final Task Progress
Wish everything will be easier !!
And our presentation for tomorrow will be DONE SUCCESSFULLY !!
AZA AZA FIGHTING !
Bismillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar